Minggu, 27 Mei 2018, WIB

Kamis, 22 Feb 2018, 16:33:17 WIB, 41 View Administrator, Kategori : komitmen

SUKABUMI— Untuk menggaet calon pemilih di Pilwalkot 2018 mendatang, Bakal pasangan calon Wakil Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, Jona Arizona dan Hanafie Zain menyiapkan program prioritas untuk masyarakat Kota Sukabumi.

Ya pasangan yang dikenal dengan sebutan Ijabah itu akan meluncurkan program pembangunan rumah rakyat murah dengan tanpa bunga. Program ini merupakan bentuk kepedulian pasangan Ijabah untuk masyarakat Kota Sukabumi yang berpenghasilan rendah. “Ini konsep yang kita gunakan tidak sama dengan yang DKI Jakarta, kami akan membangunkan rumah rakyat dengan konsep lokal.

Artinya tidak ada campur tangan pemerintah pusat, kita akan mengelolanya di daerah,’ ujarnya Bakal Calon Walikota Sukabumi, Jona Arizona, kemarin.

 

Masyarakat Kota Sukabumi yang belum memiliki rumah kata Jona pasangan Ijabah ini akan memfasilitasi dan menyediakan rumah rakyat. Diperkirakan masyarakat bisa mengangusur rumah rakyat di angkat Rp 500 ribu sampai Rp 600 ribu perbulan dengan persyaratan mudah. “Ini merupakan program kami menjawab keinginan masyarakat. Bentuknya cukup sederhana, tapi laik huni,” ujarnya.

Pengamatannya, masyarakat Kota Sukabumi ini memang masih ada yang belum memiliki rumah. Makanya ini akan diprioritaskan untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah atau tidak mampu. “Kalau dulu dia ngotrak itu sebulan Rp300 ribu sampai Rp500 ribu, kali ini dengan nominal segitu masyarakat bisa memiliki rumah sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Bakal Pasangan Calon Wakil Walikota Sukabumi, Hanafie Zain menjelaskan untuk merealisasikan pembangunan rumah rakyat itu, Pihaknya akan membangun perusahaan daerah yang begerak di bidang perumahan, atau BUMD Perumahan rakyat. Nantinya BUMD itu yang akan membangunkan rumah untuk masyarakat bekerjasama dengan Bank Perkreditan Rakyat milik Pemerintah Kota Sukabumi.

“Segala pembiayaan itu dilakukan oleh BPR, nanti BUMD yang membangunkan. Masyarakat membayarnya itu melalui BPR tersebut tidak akan ada proses yang menjelimet,” ujarnya.

Diakui Hanafie Konsep pembangunan rumah rakyat ini tentunya berbeda dengan konsep saat ini sudah direalisasikan oleh Gubernur DKI Jakarta. Konsep pembangunan rumah rakyat ini akan memanfaatkan lahan-lahan milik pemerintah yang tidak terpakai untuk kepentingan masyarakat Kota Sukabumi.

“Misalnya, ada disalah satu wilayah atau perkampungan ada lahan pemkot yang tak terurus, nah lahan itu nanti akan dibangunkan oleh BUMD menjadi sebuah rumah rakyat. Kalau misalnya ada lahan 5 ribu meter, nanti itu akan disekat sekat, menjadi rumah yang sederhana tapi laik huni bagi masyarkat,” jelasnya.

Dalam menyediakan rumah rakyat murah itu, pasangan Ijabah sudah menyiapkan konsepnya. Pihaknya mengaku sudah menginventalisir sejumlah lahan milik pemerintah yang memang tidak termanfaatkan.

” Nantinya lahan itu akan di hibahkan ke BUMD perumahan rakyat dan masyarakat bisa memilikinya dengan biaya yang murah dan terjangkau. Tidak harus berursan dengan perumnas atau lainnya. Ini inovasi pasangan Ijabah untuk masayrakat Kota Sukabumi,” ujarnya.

https://radarsukabumi.com/2018/02/01/paslon-ijabah-siapkan-program-rumah-murah/





Tuliskan Komentar